Lutfi

Slide Show
”large
SLIDES = new slideshow(“SLIDES”); SLIDES.timeout = 5000; //mengatur waktu slide show SLIDES.prefetch = 1; //memanggil file gambar-1 s = new slide(); s.src = “images/iklan-header.jpg”; SLIDES.add_slide(s); //memanggil file gambar-2 s = new slide(); s.src = “images/iklan-header-1.jpg”; SLIDES.add_slide(s); //memanggil file gambar-3 s = new slide(); s.src = “images/iklan-header-2.jpg”; SLIDES.add_slide(s); //memanggil file gambar-4 s = new slide(); s.src = “images/iklan-header-3.jpg”; SLIDES.add_slide(s); SLIDES.timeout = 5000; s = new slide(); s.src = “images/iklan-header.jpg”; SLIDES.add_slide(s);
Home » » DIBALIK BERTAHANNYA DOLLAR DAN PERGINYA DOLLAR

DIBALIK BERTAHANNYA DOLLAR DAN PERGINYA DOLLAR

Written By Unknown on Sabtu, 15 Februari 2014 | 07.40

Tahukah sobat, apa yang membuat dolar bertahan di Rp 12.000 dan saat ini dolar telah tinggalkan Rp 12.000?. Menilik Alasan yang teropinikan lewat media sich dolar bertahan karena kebanyakan impor minyak dan dolar meninggalkan Rp 12.000, kembali ke kisaran Rp 11.000 karena defisit transaksi berjalan mengecil.

Senada dengan apa yang diungkapkan Dirjen Kementerian Keuangan Askolani, “ Impor minyak dan BBM yang besar berdampak pada negatifnya neraca perdagangan alias defisit. Ini sudah terjadi sejak 5-6 tahun yang lalu, impor juga mengakibatkan devisa Negara terkuras” (Detikfinance, 13/02/2014).

Kalau bertahannya dolar di Rp12.000 karena impor minyak yang berlebihan, bagaimana penjelasan terkait dengan defisit transaksi berjalan yang dijadikan sebagai alasan dolar meninggalkan Rp 12.000?

Nah, sobat berbicara defisit transaksi berjalan, ternyata ini senada dengan Menko Perekonomian Hatta Rajasa usai acara Himpunan Pengusaha Alumni Institut Teknologi Sepuluh November (HIPA ITS) di Hotel Allium, Tangerang (15/2/2014), “Rupiah kita menguat terutama disebabkan oleh current account deficit (defisit transaksi berjalan) kita yang mengecil, karena surplus neraca perdagangan. Kemarin surplus neraca perdagangan mencapai angka yang cukup tinggi mencapai sekitar US$ 2,2 miliar,".

Definisi current account dan Apa yang ada di baliknya?

 Apa current account deficit  atau yang disebut juga defisit transaksi berjalan itu?. Dalam jurnal yang ditulis oleh Drs. Agus Budi Santoso, Msi, dengan judul tulisannya Fluktuasi Nilai Tukar Rupiah Dan Neraca Transaksi Berjalan, dipaparkan bahwa current account adalah komposisi dari struktur neraca pembayaran yang dibuat IMF (International Monetary Fund). Current account disini dijelaskan bahwa terdiri dari transfer barang dan jasa (baik ekspor maupun impor) dan unilateral transfer. Dalam konteks Indonesia, Current account merupakan rekening neraca transaksi berjalan, yang merupakan nilai netto aktifitas ekspor dan impor barang atau jasa serta unilateral transfer. Sudah jelas kan sobat terkait dengan Current account. Jadi neraca transaksi berjalan itu lebih menekankan pada aktifitas ekspor dan impor. Dalam transaksi ekonomi ini haruslah transaksi ekonomi yang bersifat internasional yang melibatkan hubungan antar Negara.
Sobat Kastrat, pembahasan kita bukanlah sekedar membahas definisi current account saja, tapi apa sebenarnya yang ada dibalik current account?.

Dari penjelasan definisi diatas jelas bahwa IMF ada dibalik current account ini. Tidak dipungkiri lagi campur tangan lembaga asing terutama IMF, Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia, dirasakan begitu sangat kuat. Intervensi lembaga asing ini terutama IMF diakibatkan adanya utang luar negeri Indonesia yang sangat besar dan diperkirakan sampai tujuh turunan tak akan terbayarkan. Informasi yang terbaru mengatakan bahwa utang luar negeri Indonesia  sampai dengan Oktober 2013 mencapai Rp 915,175 triliun. Sementara posisi utang luar negeri pemerintah USD 123,212 miliar. "Dengan demikian pada tingkat kurs 12.000 maka total utang pemerintah secara keseluruhan adalah Rp 1.478,544 triliun utang luar negeri ditambah Rp. 915,175 triliun utang dalam negeri. Sehingga utang pemerintah keseluruhan adalah Rp 2.393,719 triliun," terang Riza, Direktur Eksekutif Indonesia for Global Justice (IGJ) . Selanjutnya, ungkap Riza, pemerintah menargetkan akan menambah utang mencapai Rp 345 triliun pada tahun 2014. Sebanyak Rp 205 triliun akan ditarik melalui surat berharga untuk menutup defisit fiskal 2014 dan sisanya sebanyak Rp 140 triliun digunakan untuk melunasi utang lama yang jatuh tempo. "Cara pemerintah mengatasi masalah dengan menumpuk utang akan semakin menambah masalah perekonomian di masa yang akan datang, memperburuk fundamental ekonomi dan meningkatkan kerentanan nilai tukar," pungkas dia.

Itulah bentuk keterbukaan perekonomian Indonesia. Terbuka sebebas- bebasnya hingga taka ada batas. Keterbukaan yang merupakan bagian dari strategi IMF melalui Letter of Intent mendorong (baca: memaksa) pemerintah menggalakkan liberalisasi perekonomian yang melahirkan berbagai macam konsep yaitu diantaranya: Revitalisasi, Devestasi, Restrukturisasi, Privatisasi.

Tiada solusi yang solutif kecuali kembali kepada SyariatNya. Salah satunya yaitu diterapkannya sistem ekonomi Islam. Bagaimana Solusi Ekonomi Islam terkait dengan hal diatas?. Yuk lanjut membaca tulisan pada blog ini! Semoga Bermanfaat.
SALAM PENERAPAN SISTEM EKONOMI ISLAM

by: Mustanir Tsiqoh
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Kantor Seketariat: Kampus STEI Hamfara Yogyakarta Dusun Kenalan, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul 085 22 88 33 130 / kastratekis@gmail.com Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Membumikan Sistem Ekonomi Islam - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Modified by Lutfi Sarif Hidayat